Daging Giling Sapi Wagyu

Salah satu olahan daging yang cukup banyak peminatnya adalah Daging Giling Sapi Wagyu. Bagi pembaca Bis(t)ikin yang hobi dengan kuliner dengan datang ke restoran konsep AYCE (all you can eat), tentu tidak asing dengan istilah wagyu.

Wagyu adalah daging sapi dengan kualitas premium yang dipopulerkan di Jepang. Menurut sejarahnya, wagyu adalah kata dari bahasa Jepang yang berarti, “Daging sapi Jepang”. Tetapi tidak semua daging sapi di Jepang tergolong wagyu, karena wagyu sebatas 4 jenis sapi di sana, antara lain:

  • Japanese Black (Kuroge),
  • Japanese Polled (Mukaku),
  • Japanese Brown (Akage), dan
  • Japanese Shorthorn (Nihon Tankaku).

Untuk bisa menghasilkan Daging Giling Sapi Wagyu, ternak harus lahir dan besar di Jepang. Untuk kepentingan orisinalitas dan faktor keamanan wajib terdaftar dalam sistem pelacakan resmi yang bisa diakses oleh publik terutaman industri yang bersangkutan. Walaupun sekarang Wagyu populer sebagai makanan olahan asal Jepang, secara budaya dan agama – daging tidak menjadi bahan wajib kuliner di Jepang.

Adapun sapi jenis wagyu yang kita kenal hari ini merupakan hasil perkembangbiakan antara sapi jenis lokal Jepang dengan sapi berkualitas tinggi Eropa. Dari sisi genetika, daging yang dihasilkan dari kombinasi kedua jenis tersebut memiliki guratan marble yang baik dan tekstur daging yang lembut.