Pengertian, Fungsi dan Manfaat Finansial

Seringkali kita mengucapkan atau mendengar orang lain menyebut istilah finansial. Namun, apakah kita sudah mengetahui dan memahaminya, “apa yang dimaksud finansial?” Berikut redaksi coba uraikan artikel Pengertian, Fungsi dan Manfaat Finansial.

Finansial merupakan istilah yang berhubungan dengan perihal keuangan dan tidak bisa terlepas pula dari urusan ekonomi. Dapat diartikan finansial merupakan bagian dari bidang ekonomi yang menitikberatkan pada urusan keuangan.

Ilustrasi Pengertian Fungsi dan Manfaat Finansial
Ilustrasi Pengertian Fungsi dan Manfaat Finansial

Pengertian

Dari aspek ilmu keuangan, apabila menyoal finansial maka akan berhubungan dengan beberapa kondisi; keuangan individu, bisnis dan organisasi. Aspek-aspek keuangan yang dimaksud antara lain;

  • Pengelolaan
  • Peningkatan
  • Pemberdayaan sumber dana
  • Pengalokasian dana yang tepat
  • Penghitungan Risiko
  • Potensi atau prospek di masa depan

Aspek keuangan lainnya adalah administrasi yang berarti finansial uang masuk dan keluar dalam usaha atau bisnis oleh sebuah perusahaan. Maka ada yang disebut dengan istilah manajemen finansial. Manajemen keuangan tersebut meliputi; rangkaian kegiatan bisnis perusahaan, bagaimana cara mendapatkan dana awal, menggunakan dana serta mengelola keuangan perusahaan secara umum.

Apabila sistem manajemen keuangannya teratur dengan baik serta mampu mempertanggungjawabkan urusan bisnisnya dengan pihak-pihak terkait maka bisa dinilai sebagai sebuah kondisi keuangan yang baik. Untuk dapat mencapai kebebasan finansial, setiap individu atau perusahaan harus mampu menjalankan segala aspek yang berhubungan dengan manajemen keuangan secara optimal.

Kebebasan finansial adalah fenomena yang dialami oleh individu, bisnis kelompok atau perusahaan, organisasi mampu membebaskan diri dari lilitan utang, memiliki sumber penghasilan tetap serta cadangan dana yang bisa dipakai untuk segala kebutuhan yang tidak terduga.

Fungsi

Ada jamak fungsi finansial yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan seseorang atau perusahaan. Bagi setiap orang bisa menerapkan fungsi finansial berikut ini.

[1] Perencanaan Keuangan

Setiap orang yang memiliki fungsi perencanaan keuangan maka dapat dipastikan memiliki kehidupan yang jauh dari permasalahan khususnya finansial. Walaupun sesuatu yang sifatnya spontan itu bagus akan tetapi tidak berlaku di dalam fungsi perencanaan. Apa pasal? Sebab, pada poin ini setiap hal dilakukan dengan cara:
– fokus pada pemenuhan kebutuhan utama,
– menyeimbangkan pemasukan dengan pengeluaran,
– mengantisipasi (baca: menghindari) kebutuhan yang hanya berdasarkan hasrat sesaat.

Apabila ketiga prinsip tersebut dapat dipegang secara teguh maka perencanaan finansial sudah berfungsi dengan maksimal.

[2] Pengendalian Keuangan

Tidak jarang setiap orang tergerak untuk mengalokasikan dana yang sudah sesuai dengan pos masing-masing – dipindahkan untuk hal lain. Di sinilah setiap orang diuji untuk menjalankan fungsi pengendalian dana dengan benar. Kalau sampai dana yang sudah ditetapkan diutak atik sehingga sudah tidak lagi sesuai hingga lepas kendali maka akan berdampak buruk pada kesehatan keuangan dengan kata lain bisa bangkrut.

[3] Pemeriksaan Keuangan

Pengendalian keuangan perlu diiringi dengan pemeriksaan keuangan.Cek secara berkala arus masuk dan keluar dari keuangan yang dipakai dalam kegiatan usaha. Apabila fungsi ini diterapkan maka akan memudahkan Anda menemukan akar masalah saat terjadi pemborosan atau ketidaksesuaian dana.

[4] Pelaporan Keuangan

Pemeriksaan keuangan tidak saja berlaku bagi sebuah perusahaan, untuk pribadi pun apabila diterapkan maka akan memudahkan Anda menemukan akar masalah saat menemukan ‘penyakit’ dalam keuangan. Sehingga Anda bisa waspada serta cermat bahwa pengeluaran wajib lebih kecil dibandingkan pemasukan. Akhirnya Anda akan mumpuni dalam menekan pengeluaran dan mencapai kondisi yang diinginkan atau stabil.

Manfaat

Selanjutnya, apabila setiap orang atau perusahaan mampu memegang prinsip serta fungsi-fungsi finansial dengan baik dan benar maka selanjutnya tinggal menikmati manfaatnya. Apa saja manfaat dari finansial? Berikut beberapa di antaranya.

[1] Terbiasa Hidup Hemat

Manfaat yang pertama, Anda atau perusahaan memiliki gaya hidup hemat. Hidup hemat berbeda dengan sifat pelit dan berhemat bukan berarti harus menjalankan sesuatu dengan serba pas-pasan yang pada akhirnya tidak bahagia. Prinsip hidup hemat adalah segala sesuatu sudah terpenuhi dan berkecukupan. Caranya, mendahulukan kebutuhan primer, atur keuangan dengan cermat, hindari menunda-nunda keinginan, mengontrol utang semaksimal mungkin.

[2] Disiplin dan Teratur

Setelah berhemat sudah menjadi gaya hidup maka poin berikutnya Anda harus terlatih disiplin dan teratur mulai dari;

  • merencanakan keuangan,
  • mengendalikan pengeluaran,
  • mengelola pengembangan dana untuk kebutuhan di masa datang.

Apabila semua kebutuhan sudah direncanakan terperinci dengan detil serta lancar terkendali dan tepat maka seseorang akan merasa tenang, perusahaan akan kondusif.

[3] Menghindari Berutang

Tidak sedikit dari orang-orang yang mudah tergiur oleh sesuatu yang sebenarnya perlu dan belum benar-benar butuh lalu rela berutang untuk mendapatkannya. Walaupun dengan berutang dapat memenuhi keinginannya tersebut bukan berarti hal tersebut sebuah solusi. Karena itu, apabila kita sudah mampu mengelola dan mengendalikan keuangan supaya menghindari berutang. Dan jika terpaksa berutang, tekanlah sekecil mungkin dan jadikan ini menjadi kebiasaan. Menghindari utang maka terhindar dari risiko menanggung beban dan anda pun akan tenang.

[4] Mudah mengoptimalkan perencanaan untuk masa depan

Kemampuan seseorang dalam mengendalikan keuangan dengan baik maka manfaatnya akan mudah baginya mengoptimalkan perencanaan untuk masa depan. Gaya hidup hemat, berkecukupan dan tidak menanggung beban utang memudahkan saat mengembangkan dana saat ini untuk dipergunakan memenuhi segala kebutuhan di masa depan.

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Finansial

Itulah uraian informasi finansial tentang Pengertian, Fungsi dan Manfaat Finansial – semoga mampu mengilhami bagi Anda yang tengah memiliki rencana bagaimana caranya memaksimalkan bisnis agar bisa berjalan dengan baik? Salah satunya adalah dengan memahami finansial secara lengkap.


Referensi: Akeseleran

BACA JUGA: Wirausaha – Pengertian, Jenis serta Contohnya